PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI BAGI MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Limbar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah)

Fitria, Miradatul (2024) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI BAGI MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Limbar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menentukan peran pemerintah desa dalam memberikan layanan administrasi kepada masyarakat Desa Limbar. Karena kantor desa adalah lembaga pemerintah, layanan harus berkualitas tinggi agar orang-orang yang ingin mengurus administrasi kantor desa puas. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dan diklasifikasikan sebagai jenis penelitian kualitatif deskriptif. Wawancara, observasi, dan dokumentasi dari petugas dan masyarakat sebagai informan digunakan untuk mengumpulkan data. Regulator, Mobilisator, dan Fasilitator adalah indikator yang digunakan. Hasil survei menunjukkan bahwa peran pemerintah desa dalam pelayanan administrasi di Kantor Desa Limbar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah sudah baik, namun perlu ditingkatkan lagi kualitas pelayanan melalui kerjasama seluruh masyarakat semoga bisa lebih baik lagi agar masyarakat merasakan pelayanan yang sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran pemerintah desa, pelayanan, pengelolaan, Desa Limbar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:05
Last Modified: 26 Feb 2024 05:05
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20562

Actions (login required)

View Item View Item