PERAN DIMENSI RELIGIUSITAS DAN DIMENSI EKONOMI TERHADAP PEMBELIAN RUMAH DENGAN SISTEM SYARIAH (Studi Kasus Pada Perumahan Syariah Al-Mumtaz Residence)

Firdaus, Muhammad (2024) PERAN DIMENSI RELIGIUSITAS DAN DIMENSI EKONOMI TERHADAP PEMBELIAN RUMAH DENGAN SISTEM SYARIAH (Studi Kasus Pada Perumahan Syariah Al-Mumtaz Residence). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Firdaus.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Pengesahan Firdaus.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Pernyataan Firdaus.pdf

Download (95kB)

Abstract

Berkembangnya bisnis properti syariah yang mulai diminati oleh masyarakat, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan membuat mulai pesatnya pertumbuhan bisnis properti berbasis syariah. Ketertarikan konsumen dalam melakukan pembelian rumah dapat dipengaruhi berbagai faktor seperti dimensi religiusitas dan dimensi ekonomi. Religiusitas merupakan suatu hal yang berfungsi sebagai pengikat antara diri seseorang atau kelompok dalam berhubungan dengan Tuhan atau sesama manusia, serta alam sekitarnya. Dimensi ekonomi menceritakan apakah penduduk tersebut memiliki daya beli. Bagaimana dimensi religiusitas dan ekonomi berperan terhadap pembelian rumah dengan sistem syariah di Perumahan Syariah Al-Mumtaz Residence. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi religiusitas dan ekonomi memiliki peran terhadap pembelian rumah dengan sistem syariah di Perumahan Syariah Al-Mumtaz Residence. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi religiusitas yang dianalisis berdasarkan 5 (lima) dimensi yaitu dimensi ritual, dimensi ideologis, dimensi intelektuan, dimensi konsekuensi dan dimensi pengalaman, dan dimensi ekomoni yang dianalisis berdasarkan 5 (lima) aspek yaitu aspek lokasi, aspek fasilitas, aspek lingkungan, aspek kondisi dan aspek prosedur berperan penting terhadap pembelian rumah dengan sistem syariah oleh konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Religiusitas, Dimensi Ekonomi, Perumahan Syariah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muhammad Firdaus
Date Deposited: 02 Mar 2024 01:09
Last Modified: 02 Mar 2024 01:09
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20780

Actions (login required)

View Item View Item