ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM DI COFFEE SHOP MARTAPURA (Studi Kasus Pada Hay Coffee And Eatery Martapura)

Haitami, Muhammad Nizham (2024) ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM DI COFFEE SHOP MARTAPURA (Studi Kasus Pada Hay Coffee And Eatery Martapura). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Asbtrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Keaslian.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengelolaan keuangan yang diterapkan oleh pelaku UMKM dan untuk mengetahui pemahaman pelaku UMKM terhadap pengelolaan keuangan di Coffee Shop Martapura. Rancangan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan data primer dan data sekunder yaitu melalui teknik wawancara, dokumentasi, pengamatan dan studi pustaka. Alat analisis yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa pelaku UMKM Kedai Hay Coffee And Eatery Martapura sudah menerapkan pengelolaan keuangan. Penerapan indikator pada pengelolaan keuangan yang paling banyak diterapkan oleh pelaku UMKM adalah pencatatan, penggunaan anggaran dan indikator yang paling jarang diterapkan oleh UMKM adalah pelaporan dan pengendalian. Pelaku UMKM Hay Coffee sudah paham dengan pengelolaan keuangan. Peneliti mendapati lebih banyak responden yang peneliti anggap paham, namun pemahamanya disesuaikan dengan pengetahuan serta keadaan yang ada dalam kegiatan sehari-hari. Owner memiliki pemahaman yang bagus mengenai pengelolaan keuangan walaupun pengelolaan keuangan yang dipahaminya sangat sederhana. pelaku UMKM Kedai Hay Coffee And telah paham terkait dengan pengelolaan keuangan, karena mereka mengerti bahwa pengelolaan keuangan ini sangat penting untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Keuangan, Pelaku UMKM.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 02 Mar 2024 01:47
Last Modified: 02 Mar 2024 01:47
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20908

Actions (login required)

View Item View Item