“FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS MARTAPURA 1 TAHUN 2023”

Al Husna, Al Husna (2024) “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS MARTAPURA 1 TAHUN 2023”. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak HUSNA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Pengesahan Al husna.pdf

Download (456kB)
[img] Text
Pernyataan Al Husna.pdf

Download (455kB)

Abstract

Dari hasil studi pendahuluan didapatkan data ibu hamil yang Kekurangan Energi Kronis sebanyak 43 orang dari bulan januari sampai april 2023. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-fakrtor yang mempengaruhi kejadian Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada ibu hamil di wilayah kerja UPTD Puskesmas Martapura 1. Metode penelitian menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional Sampel penelitian ini didapatkan sebanyak 83 responden dan populasi sebanyak 487 responden. Dengan Teknik pengambilan sampel penelitian ini mengggunakan teknik non probality sampling berupa Accidental sampling dengan analisis data menggunakan uji Chi Square. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, analisis penelitian secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan 83 sampel terdapat 24 responden (28,9%) yang mengalami Kekurangan Energi Kronis (KEK) dan 59 responden (71,1%) yang tidak mengalami Kekurangan Energi Kronis (KEK).ada hubungan Pengetahuan dengan kejadian Kekurangan Energi Kronis (KEK) P value = 0,003.ada hubungan Usia dengan kejadian Kekurangan Energi Kronis (KEK) P value = 0,037.ada hubungan Status Gizi dengan kejadian Kekurangan Energi Kronis (KEK) P value = 0,028.ada hubungan Ekonomi dengan kejadian Kekurangan Energi Kronis (KEK) P value = 0,029.ada hubungan paritas dengan kejadian Kekurangan Energi Kronis (KEK) p value = 0,015. Saran penelitian ini agar petugas kesehatan meningkatkan program promosi kesehatan tentang bahaya kekurangan energi kronis pada ibu hamil, serta melakukan cek kesehatan berkala demi menunjukan penurunan angka kekurangan energi kronis di puskesmas martapura 1 Kab. banjar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kekurangan Energi Kronis, Pengetahuan, Usia, Status Gizi, Ekonomi, Paritas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Al - Husna
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:44
Last Modified: 05 Mar 2024 03:44
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20982

Actions (login required)

View Item View Item