PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM PENYEBARAN INFORMASI PEMBELAJARAN (Studi kasus pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uniska)

Rahman, Rahman (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM PENYEBARAN INFORMASI PEMBELAJARAN (Studi kasus pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uniska). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Rahman .pdf

Download (83kB)
[img] Text
Lembar pengesahan .pdf

Download (522kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi Rahman.pdf

Download (386kB)

Abstract

Nama Rahman Npm 19110243 Judul Penelitian “Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Dalam Penyebaran Informasi Pembelajaran, Dosen pembimbing pertama. Bapak Dr. Ir.H. Sanusi, M.I.Kom dan juga dosen pembimbing kedua. Ibu Lieta Dwi Novianti, S.sos.,M.I.Kom Perkembangan komunikasi diera saat ini tidak akan terlepas dengan adanya perkembangan teknologi informasi itu sendiri, semakin tinggi teknologi informasi yang ditemukan dan digunakan tidak terlepas dari bagaimana perkembangan komunikasi di masyarakat. semakin modern kehidupan manusia, maka semakin modern pula teknologi yang digunakan. Saat ini, WhatsApp (WA) telah dimanfaatkan oleh tokoh masyarakat untuk berkomunikasi dalam menyampaikan pesan kepada sasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Whatsapp dalam penyebaran informasi pembelajaran, apa saja faktor pendukungnya dan faktor penghambatnya. Teori yang dianggap relevan pada penelitian ini adalah Teori New Media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan studi kasus wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang didapat yaitu pemanfaatan Whatsapp cukup efektif dalam penyebaran informasi pembelajaran mahasiswa. Faktor pendukungnya karena mudahnya pengoperasian Whatsapp bagi para mahasiswa, banyaknya fitur yang berguna dalam Whatsapp seperti grup, pesan teks, pesan suara dan mengirimkan video. Faktor penghambatnya Whatsapp hanya bisa digunakan jika pengguna terhubung dengan layanan internet dan terkadang hal ini menjadi hambatan ketika hendak mengirim ataupun menerima informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan;Whatsapp;Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Rahman Rahman
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:44
Last Modified: 03 Apr 2024 02:44
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21040

Actions (login required)

View Item View Item