HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SITI MARIAM BANJARMASIN TAHUN 2023

Mawaddah, Najah Marlina (2024) HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SITI MARIAM BANJARMASIN TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (662kB)

Abstract

Pemenuhan zat gizi memegang peranan penting bagi anak usia sekolah. Dari 109 orang siswa kelas 4 dan 5, ada 44 orang siswa yang memiliki nilai di bawah rata-rata raport sekolah dengan nilai < 70. Ada beberapa murid yang mengalami penurunan nilai prestasi belajar dan ada juga beberapa siswa yang nilainya tetap, tidak meningkat maupun menurun. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan kebiasaan sarapan pagi dan status gizi dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Banjarmasin Tahun 2023. Jenis penelitian merupakan kuantitatif menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel sebanyak 55 responden dan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis uji statistik yang digunakan yaitu analisis univariat dan analisis bivariat uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil uji statistik ada hubungan signifikan antara kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Banjarmasin Tahun 2023 (ρ-value = 0,001) < nilai α (0,05) dan ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Banjarmasin Tahun 2023 (ρ-value = 0,000) < nilai α (0,05). Disarankan bagi pihak sekolah melakukan kerjasama dengan Puskesmas terdekat untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya gizi pada usia anak sekolah secara komprehensif dengan melibatkan peran orang tua siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Sarapan Pagi, Status Gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Najah Marlina Mawaddah
Date Deposited: 05 Mar 2024 05:32
Last Modified: 05 Mar 2024 05:32
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21118

Actions (login required)

View Item View Item