PENGARUH KUALITAS PELAYANAN (RELIABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE, EMPATHY, DAN TANGIBLE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi pada Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin)

ahyaddin, Ahmad Rizwan (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN (RELIABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE, EMPATHY, DAN TANGIBLE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi pada Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pdf abstrak.pdf

Download (522kB)
[img] Text
pdf lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (311kB)
[img] Text
pdf pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (551kB)

Abstract

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN (RELIABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE, EMPATHY, DAN TANGIBLE)TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi pada Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin) Ahmad Rizwan Ahyaddin1, Kurniaty2, Farida Yuliantie3 1Manajemen, 61201, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al – Banjari, 19311074 2Manajemen 61201, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al – Banjari, 0012076001 3Manajemen 61201, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al – Banjari, 1121076901 E – mail. Ahmadrizwan54636@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan pada karyawan non medis Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Populasi penelitian ini adalah kunjungan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin pada Bulan April 2023 yang berjumlah 691 pasien.Sampel penelitian berjumlah 87 menggunakan rumus slovin error 10% dengan teknik random sampling untuk memberikan kesempatan yang sama untuk dipilih. Setelah dilakukan uji normalitas, data tidak berdistribusi normal dan akhirnya dilakukan outlier boxplot dengan membuang data outlier atau ekstrim yang menghasilkan 69 jumlah sampel dan akhirnya data berdistribusi normal untuk selanjutnya dilakukan analisis. Metode penelitian menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi yang sebelumnya sudah dipastikan dipenuhinya uji asumsi klasik. Hasil penelitian kualitas pelayanan dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible berpengaruh terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun simultan dengan proporsi pengaruh sebesar 93,5%, sedangkan 6,5% dipengaruhi faktor lain diluar variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan pada karyawan non medis Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Populasi penelitian ini adalah kunjungan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin pada Bulan April 2023 yang berjumlah 691 pasien.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Ahmad Rizwan Ahyaddin
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:21
Last Modified: 06 Mar 2024 01:21
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21283

Actions (login required)

View Item View Item