Analisis IMplementasi Kebijakan Penanggulangan Penurunan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Berangas Kabupaten Barito Kuala Tahun 2023

Rahmi, Nor Aina (2024) Analisis IMplementasi Kebijakan Penanggulangan Penurunan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Berangas Kabupaten Barito Kuala Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel Aina.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Lembar pengesahan Aina.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Lembar pengesahan Aina.pdf

Download (394kB)
[img] Text
KEASLIAN PENELITIAN pdf.pdf

Download (485kB)

Abstract

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting menggambarkan status gizi kurang yang bersifat kronik pada masa pertumbuhan dan perkembangan sejak awal kehidupan. Implementasi kebijakan penanggulangan penurunan stunting diwilayah kerja Puskesmas Berangas Kabupaten Barito Kuala masih kurang optimal terdapat 265 kasus balita yang terkena stunting dari 368 balita yang diukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Penanggulangan Penurunan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Berangas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrument penelitian berupa pedoman wawancara dan alat perekam suara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor komunikasi yang terdiri dari dimensi transmisi, dimensi kejelasan dan dimensi konsistensi terkait Implementasi Kebijakan Penanggulangan Penurunan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Berangas sudah dijalankan dengan baik. Hanya saja terdapat beberapa faktor sosial ekonomi yang sangat berpengaruh sehingga orang tua bayi dan balita masih banyak yang tidak mau membawa anaknya ke posyandu maupun Puskesmas untuk dipantau tumbuh kembangnya. Faktor sumber daya yang terdiri dari sumber daya manusia, anggaran dan fasilitas dalam Implementasi Kebijakan Penanggulangan Penurunan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Berangas, untuk sumber daya manusia yang ada saat ini masih belum cukup mendukung untuk program penanggulangan stunting kurang aktifnya lintas sektor dalam program penurunan stunting ini. Sumber daya anggaran dari dana desa dan BOK Puskesmas akan tetapi juga masih kurang mendukung untuk keberhasilan program penurunan stunting dan sumber daya fasilitas yang ada di Puskesmas masih belum mencukupi dan ada yang sudah tidak layak pakai dan rata-rata di wilayah kerja Puskesmas Berangas ini belum ada memiliki tempat posyandu untuk saat ini masih dilaksanakan di halaman rumah warga setempat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Implementasi, Kebijakan, Stunting
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Nor Aina Rahmi
Date Deposited: 08 Mar 2024 01:38
Last Modified: 08 Mar 2024 01:38
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21419

Actions (login required)

View Item View Item