HUBUNGAN USIA, SIKAP KERJA, DAN LAMA KERJA DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA PEKERJA BATU BATA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ULIN TAHUN 2023

Murni, Nanda Aulia (2024) HUBUNGAN USIA, SIKAP KERJA, DAN LAMA KERJA DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA PEKERJA BATU BATA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ULIN TAHUN 2023. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstrak Nanda.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Pengesahan Nanda.pdf

Download (134kB)
[img] Text
lembar keaslian.pdf

Download (86kB)

Abstract

Musculoskeletal Disorders merupakan cedera dan sekumpulan gangguan atau gejala yang berkaitan dengan jaringan lunak (otot, tendon, ligamen, tulang rawan, sendi) dan sistem saraf, keluhan MSDs dapat mempengaruhi hampir semua jaringan, termasuk saraf dan selubung tendon, dan paling sering melibatkan lengan dan punggung. Beberapa permasalahan dalam keluhan musculoskeletal disorders, oleh pekerja batu bata, sebagian pekerja menerima beban statis secara berulang dan dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, sikap kerja dan lama kerja dengan keluhan musculoskeletal disorders pada pekerja batu bata di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin Tahun 2023. Metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel pekerja batu bata sebanyak 51 orang menggunakan teknik total sampling dengan menggunakan uji chi square. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan usia dengan keluhan MSDs pada pekerja batu bata di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin Tahun 2023 yang didapat berdasarkan uji chi square dengan nilai (p-value = 0,043), ada hubungan lama kerja dengan keluhan MSDs (p-value = 0,000) dan tidak ada hubungan sikap kerja dengan keluhan MSDs pada pekerja batu bata di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin Tahun 2023 (p-value = 0,137). Disarankan perlu adanya evaluasi dari pihak Puskesmas Sungai Ulin agar memberikan gambaran tentang keluhan MSDs pada pekerja batu bata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Usia; Sikap Kerja; Lama Kerja; Keluhan Musculoskeletal Disorders
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 09 Mar 2024 02:07
Last Modified: 09 Mar 2024 02:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21433

Actions (login required)

View Item View Item