PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA KERJA TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BARAMBAI KABUPATEN BARITO KUALA

Herianto, Muhammad (2024) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA KERJA TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BARAMBAI KABUPATEN BARITO KUALA. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Image
orisinalitas.jpg

Download (71kB) | Preview
[img] Text
abstrak.pdf

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya guru SD Negeri di Kecamatan Barambai yang memiliki kinerja kurang ideal, dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) pengaruh supervisi Kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, 2) Apakah ada pengaruh budaya kerja terhadap profesionalisme guru, 3) pengaruh supervisi akademik dan budaya kerja secara bersama terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan analisis jalur. Populasi penelitian adalah guru SD Negeri di Kecamatan Barambai dengan populasi sebanyak 117 orang dengan sampel Populasi sebanyak 91. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh supervisi Kepala Sekolahterhadap profesionalisme guru sekolah dasar di kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala sebesar 10,2%. Namun demikian masih terdapat persepsi yang paling rendah pada supervisi Kepala Sekolah, terutama dalam hal program tindak lanjut. Sedangkan pada variabel profesionalisme guru yang skornya paling rendah adalah indikator Y.9 terkait evaluasi terhadap hasil pembelajaran yang dilakukan guru secara periodik. 2) Ada pengaruh budaya kerja terhadap profesionalisme guru sekolah dasar di kecamatan Barambai Kabupaten sebesar 27%. Namun demikian masih terdapat persepsi yang paling rendah pada budaya kerja terutama dalam hal sikap guru yang akan memberitahu rekan kerja ketika mendapatkan informasi baru. Sedangkan pada variabel profesionalisme guru yang skornya paling rendah adalah indikator Y.9 terkait evaluasi terhadap hasil pembelajaran yang dilakukan guru secara periodik. 3) Ada pengaruh supervisi akademik Kepala Sekolah dan budaya kerja terhadap profesionalisme guru sekolah dasar di kecamatan Barambai Kabupatem Barito Kuala sebesar 42,9%. Namun demikian masih terdapat persepsi yang paling rendah pada profesionalisme guru, terutama dalam hal evaluasi terhadap hasil pembelajaran yang dilakukan guru secara periodik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Muhammad Herianto
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:15
Last Modified: 08 Mar 2024 03:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21507

Actions (login required)

View Item View Item