PENGGUNAAN E-MODUL PEMBELAJARAN TERMOKIMIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TANAMAN PURUN DAN NILAI RELIGIUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Huda, Miftahul (2024) PENGGUNAAN E-MODUL PEMBELAJARAN TERMOKIMIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TANAMAN PURUN DAN NILAI RELIGIUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (139kB)

Abstract

Teknologi memiliki banyak keuntungan bagi guru, salah satunya adalah pemanfaatannya sebagai alat pembelajaran. Guru diberi kebebasan untuk membuat modul pembelajaran sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar siswa. Materi termokimia merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh banyak siswa karena sifat materi yang abstrak dan banyaknya perhitungan yang menyebabkan hasil belajar siswa kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan nilai pretest dan posttest siswa setelah mendapat perlakuan dengan e-modul pembelajaran termokimia berbasis kearifan lokal tanaman purun dan nilai religius. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Pre-Experimental. Dalam penelitian ini digunakan metode One Group Pretest and Posttest Design. Data penelitian dikumpulkan melalui tes yang instrumennya berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dengan SPSS v.26. Berdasarkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,006 < 0,05, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan e-modul pembelajaran termokimia berbasis kearifan lokal tanaman purun dan nilai religius.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Katakunci E-modul ∙ Hasil Belajar ∙ Materi Termokimia ∙
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Miftahul Huda
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:43
Last Modified: 14 Mar 2024 04:43
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21599

Actions (login required)

View Item View Item