PENGARUH PROGRAM KELOMPOK KERJA GURU (KKG) KELAS DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS PANGERAN ANTASARI KECAMATAN

Imelda, Imelda (2024) PENGARUH PROGRAM KELOMPOK KERJA GURU (KKG) KELAS DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS PANGERAN ANTASARI KECAMATAN. Doctoral thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
pengesahan pembimbing.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ab1be96d-de0d-447d-b5a1-f67a2831da47.pdf

Download (744kB)

Abstract

Perubahan kurikulum sangat mempengaruhi kualitas perkembangan pendidikan. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah kinerja guru. Kinerja para guru Sekolah Dasar gugus Pangeran Antasari Kecamatan Landasan Ulin masih tergolong kurang optimal.Untuk meningkakan kinerja guru bisa melalui KKG dan supervisi akademik. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan : (1) Pengaruh positif dan signifikan program KKG terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Gugus Pangeran Antasari Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru, (2) Faktor paling dominan dalam program KKG mempengaruhi kinerja guru Sekolah Dasar, (3) Pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar, (4) Faktor yang paling dominan dalam supervisi akademik yang mempengaruhi kinerja guru Sekolah Dasar , (5) Pengaruh positif dan signifikan program Kelompok Kerja Guru dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar, (6) Faktor saja yang paling dominan dalam program KKG dan supervisi akademik yang mempengaruhi kinerja guru Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif model penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 orang guru SD di Gugus Pangeran Antasari. Sampel yang digunakan juga berjumlah 63 sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat serta uji hipotesis yang terdiri dari analisis regresi berganda dan tunggal dengan menggunakan program SPSS 25 yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program KKG dan supervisi akademik terhadap kinerja guru. Adapun hasil penelitian yang didapat yaitu (1) Program KKG berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD di Gugus Pangeran Antasari Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru sebesar 54,6% dengan p = 0,029 (2) Faktor dominan program KKG yang mempengaruhi kinerja guru Sekolah Dasar adalah pengembangan,keterampilan,sikap dan kinerja anggota KKG, (3) Supervisi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 57,4%. dengan p = 0,004. Semakin meningkat supervisi akademik, maka kinerja guru juga akan meningkat, (4) Faktor paling dominan dalam supervisi akademik yang mempengaruhi kinerja guru Sekolah Dasar adalah bagian pelaksanaan supervisi akademik, (5) Program KKG dan supervisi akademik berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja guru dengan nilai p = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa jika program KKG dan supervisi akademik ditingkatkan, maka kinerja guru akan semakin meningkat, (6) Program KKG dan supervisi akademik dapat memberikan dampak atau pengaruh terhadap kinerja guru. Program KKG dapat dikatakan sebagai sarana dalam mengembangkan kinerja guru dalam bentuk kelompok belajar yang terdiri dari para guru. sedangkan supervisi akademik adalah usaha untuk membantu dan melayani guru dalam meningkatkan kemampuan keguruannya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Imelda
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:30
Last Modified: 14 Mar 2024 02:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21611

Actions (login required)

View Item View Item