EFEKTIFITAS ABSENSI ELEKTRONIK BIOMETRIK TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA DAN TNP DINAS KETENAGAKERJAAN DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KOTABARU

Yulianti, Titin (2024) EFEKTIFITAS ABSENSI ELEKTRONIK BIOMETRIK TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA DAN TNP DINAS KETENAGAKERJAAN DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KOTABARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Surat pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Artikel Titin.pdf

Download (292kB)

Abstract

Titin Yulianti, (2023). Efektifitas Absensi Elektronik Biometrik Terhadap Peningkatan Disiplin Aparatur Sipil Negara Dan Tnp Dinas Ketenagakerjaan Dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru.. Pembimbing Utama Decky Kuncoro dan Co Pembimbing Beni Akhmad. Sistem absensi merupakan sebuah sistem yang mencatat identitas anggota instansi dan waktu keluar-masuk anggotanya dan memberikan laporan yang akurat kepada Kepala Dinas atau SKPD. Oleh karena itu, Pemerintahan Kabupaten Kotabaru memanfaatkan daftar kehadiran pegawai untuk menentukan gaji dan Tunjangan Kinerja kepada pegawainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Absensi Elektronik Biometrik terhadap Peningkatan Disiplin Kerj, Permasalahan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru dalam meningkatkan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara dan TNP Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dan observasi terhadap 4 orang informan sedangkan kesimpulan ditarik dengan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Gaya kepemimpinan yang diterapkan: a) Kepemimpinan direktif yang terlihat dari berjalan dengan baiknya tugas dan fungsi seorang pimpinan dengan memberikan pengarahan yang jelas dan dapat dimengerti oleh pegawai dalam melaksanakan pekerjaan dan pimpinan memberikan pengarahan yang khusus kepada bawahan untuk mencapai target dalam pekerjaan, b) Kepemimpinan yang mendukung (supportive leadership) dapat dilihat dari tidak segannya pimpinan memberi wewenang kepada pegawai yang dianggap mampu dan memiliki kompetensi yang baik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, dan c) Kepemimpinan partisipatif yang dapat dilihat dari bersedinay pimpinan memberi bimbingan dalam pelaksanaan pekerjaan, pimpinan menjaga situasi kerja yang baik dengan menjalin hubungan baik antara pimpinan dan pegawai dan 2) Efektifitas gaya kepemimpinan sekretaris Daerah dalam dalam meningkatkan kinerja pegawai bagian perencanaan dan keuangan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas berdasarkan diukur dengan 3 (tiga) pendekatan indikator penelitian seperti : a) Kualitas, b) Kuantitas, dan c) Ketetapan Waktu, umumnya berdasarkan hasil wawancara pegawai dapat menerima tugas-tugas baru yang dibebankan sesuai dengan perintah atasan, oleh sebab itu sesuai dengan hasil data yang diteliti hasil yang didapat menunjukkan semua pekerjaan telah diselesaikan dengan tepat waktu dan teliti serta tersusun rapi dan pegawai juga dapat menerima berbagai tugas dan kewajiban yang baru yang dibebankan oleh atasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, efektifitas kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Titin Yulianti
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:37
Last Modified: 15 Mar 2024 02:37
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21664

Actions (login required)

View Item View Item