PERFORMA PRODUKTIVITAS DAN ANALISIS KELAYAKAN USAHA AYAM BROILER POLA KEMITRAAN (studi kasus: PT. MITRA SINAR JAYA KOTA BANJARBARU)

Ningsih, Dewi Widia (2024) PERFORMA PRODUKTIVITAS DAN ANALISIS KELAYAKAN USAHA AYAM BROILER POLA KEMITRAAN (studi kasus: PT. MITRA SINAR JAYA KOTA BANJARBARU). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Cover.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Pernyataan Tidak Plagiat.pdf

Download (99kB)

Abstract

Sistem kandang yang digunakan oleh para peternak ayam broiler ada bermacam-macam, antara lain open house, semi closed house, dan closed house. Ketiga sistem ini tentunya mempengaruhi biaya yang dikeluarkan oleh peternak dalam beternak ayam sehingga berdampak pada keuntungan mereka. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai pendapatan dan performa produktivitas peternakan ayam broiler dengan sistem manajemen kandang open house, semi closed house, dan closed house. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kelayakan usaha untuk mengetahui performa produktivitas dan kelayakan usaha ayam broiler pola kemitraan di PT. Mitra Sinar Jaya. Nilai IP kandang open house berada pada kategori baik rata-rata sebesar 332, nilai IP kandang semi closed house berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 381, dan nilai IP kandang closed house berada pada kategori istimewa dengan rata-rata sebesar 478. Nilai IOFCC paling tinggi pada sistem kandang closed house dibandingkan dengan kandang semi closed house dan open house. Sistem kemitraan PT. Mitra Sinar Jaya menggunakan jenis kandang open house, semi closed house dan closed house yang memenuhi kriteria kelayakan usaha karena nilai R/C Ratio >1. NPV menunjukkan pola kemitraan pada PT. Mitra Sinar Jaya layak dijalankan karena memiliki NPV>0. Nilai IRR lebih besar dari nilai discount rate yang digunakan (6,5%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ayam Broiler, Performa Produktivitas, Kelayakan Usaha, Pola Kemitraan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Dewi Widia Ningsih
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:18
Last Modified: 20 Mar 2024 03:18
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21748

Actions (login required)

View Item View Item