PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENYEWAAN MOBIL DENGAN FITUR LIVE CHAT MENGGUNAKAN WHATSAPP API PADA "RENTAL 99"

Fadillah, Gusti Gilang Haifa (2024) PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENYEWAAN MOBIL DENGAN FITUR LIVE CHAT MENGGUNAKAN WHATSAPP API PADA "RENTAL 99". Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (65kB)

Abstract

Rental mobil merupakan bisnis yang menjanjikan dan sangat terkait dengan layanan jasa. Saat ini, persaingan di antara penyedia jasa rental mobil semakin ketat, termasuk Rental 99, sehingga menyebabkan penurunan jumlah pemesanan layanan. Selain itu, promosi yang terbatas hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah mengenal Rental 99, serta keterbatasan platform promosi yang hanya menggunakan media sosial WhatsApp, menyulitkan pelanggan untuk mengetahui ketersediaan mobil. Pengguna juga kesulitan mengetahui harga penyewaan berdasarkan jarak pengantaran yang diinginkan, karena informasi tersebut tidak tersedia dengan jelas.Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan solusi berupa pengembangan aplikasi berbasis web untuk Rental 99. Aplikasi ini akan dirancang untuk menyediakan informasi tentang layanan Rental 99, termasuk ketersediaan mobil dan harga sewa yang transparan, sehingga pelanggan dapat dengan mudah melakukan pemesanan melalui aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi ini akan membantu dalam pengelolaan data penyewaan dengan lebih efisien, sehingga admin dapat dengan mudah melakukan pencarian data dan melakukan tindakan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis.Berdasarkan hasil dari penilaian penerimaan oleh para pengguna (user acceptance) melalui kuisioner dan evaluasi yang dilakukan menunjukkan hasil 88,5%, dapat diartikan bahwa pengguna aplikasi telah secara luas menerima dan mengakui manfaat dari aplikasi ini. Dengan demikian, Rental 99 dapat tetap menjadi pilihan utama pelanggan dalam memenuhi kebutuhan rental mobil dengan mudah dan nyaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rental, Mobil, Penyewaan, Pengantaran, Web
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Gusti Gilang Haifa Fadillah
Date Deposited: 23 Mar 2024 01:50
Last Modified: 23 Mar 2024 01:50
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21838

Actions (login required)

View Item View Item