MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL AUDITORY INTELECTUALLY AND REPETITION DAN NUMBER HEAD TOGETHER DI MIS HIDAYATUSSIBYAN JELAPAT II MEKARSARI

Marpuah, Marpuah (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL AUDITORY INTELECTUALLY AND REPETITION DAN NUMBER HEAD TOGETHER DI MIS HIDAYATUSSIBYAN JELAPAT II MEKARSARI. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK MARPUAH.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Pengesahan Marpuah.pdf

Download (405kB)
[img] Text
Pernyataan Marpuah.pdf

Download (273kB)

Abstract

Permaasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Karena pembelajaran masih berpusat pada guru, guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan model pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan monoton. Siswa juga kurang menguasai konsep materi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV MIS Hidayatussibyan Jelapat II Mekarsari pada mata pelajaran PKn materi Pemerintahan Pusat dan Lembaga Negara Kita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Semester Genap MIS Hidayatussibyan Jelapat II Mekarsari tahun pelajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan hasil belajar siswa serta aktivitas guru menggunakan soal latihan pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan 1 siklus I mencapai skor 18 dengan kategori baik, meningkat menjadi 24 dengan kategori sangat baik pada pertemuan 2 siklus II, aktivitas siswa mencapai 41.66% berada pada kategori aktif pada pertemuan 1 siklus I dan meningkat menjadi 91,67% (Hampir Seluruhnya Aktif) pada pertemuan 2 siklus II, serta hasil belajar siswa mencapai 25% pada pertemuan 1 siklus I dan meningkat menjadi 75% pada pertemuan 2 siklus I. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam menggunakan kombinasi model pembelajaran Auditory, Intelectually and Repetition dan Number Head Together ini dapat terlaksana dengan baik serta aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, AIR.NHT.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:10
Last Modified: 21 Mar 2024 05:10
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21978

Actions (login required)

View Item View Item