MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DI MI SABILAL MUTTAQIN DESA MANTUYAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN

NORHIDAYATI, NORHIDAYATI (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DI MI SABILAL MUTTAQIN DESA MANTUYAN KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (271kB)
[img] Text
ARTIKEL NORHIDAYATI.pdf

Download (435kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendiskripsikan dan menganalisis aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting di MI Sabilal Muttaqin Desa Mantuyan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, Mendiskripsikan dan menganalisis aktivitas siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting di MI Sabilal Muttaqin Desa Mantuyan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, dan Mendiskripsikan dan menganalisis hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting di MI Sabilal Muttaqin Desa Mantuyan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2022 sampai bulan Juli 2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar pengamatan dan lembar tes ulangan harian. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Dilihat dari hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, untuk aktivitas guru pada siklus 1 pertemuan 1 dengan persentase 42,5% (cukup), pertemuan 2 dengan persentase 55% (cukup), dan siklus 2 pertemuan 1 dengan persentase 67,5% (cukup), pertemuan 2 dengan persentase 90% (baik), sedangkan untuk aktivitas siswa pada silkus 1 pertemuan 1 dengan persentase 45% siswa yang aktif, pertemuan 2 dengan persentase 50% siswa yang aktif, dan siklus 2 pertemuan 1 dengan persentase 52% siswa yang aktif, pertemuan 2 dengan persentase 73% siswa yang aktif, dan untuk hasil belajar siswa pada sisklus 1 pertemuan 1 dengan persentase 37% siswa yang tuntas, pertemuan 2 dengan persentase 63% siswa yang tuntas, dan siklus 2 pertemual 1 dengan persentase 87% siswa yang tuntas, pertemuan 2 dengan persentase 100% siswa yang tuntas. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model probing prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Sabilal Muttaqin Desa Mantuyan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan tahun ajaran 2021/2022 khususnya pada penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Probing Prompting, Hasil Belajar Matematika
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Norhidayati
Date Deposited: 23 Mar 2024 01:43
Last Modified: 23 Mar 2024 01:43
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22044

Actions (login required)

View Item View Item