ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN VIRTUAL YOUTUBER DALAM MENARIK MINAT PENONTON (Analisis Deskriptif Kualitatif Pada Channel Youtube Kobo Kanaeru Ch. Hololive ID)

Noorhafisha, Lisha (2024) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN VIRTUAL YOUTUBER DALAM MENARIK MINAT PENONTON (Analisis Deskriptif Kualitatif Pada Channel Youtube Kobo Kanaeru Ch. Hololive ID). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Lisha.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (464kB)
[img] Text
PENGESAHAN LISHA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Virtual youtuber atau vtuber adalah streamer dan vlogger yang menggunakan karakter virtual 2D dan 3D yang dihasilkan komputer dan terlibat dalam aktivitas kreatif di platform seperti Twitter, YouTube, Twitch. Di Indonesia Virtual youtuber mulai masuk dan berkembang pada tahun 2018. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahui bentuk komunikasi pemasaran yang digunakan Kobo Kanaeru dalam mempromosikan channel youtubenya, fitur youtube apa saja yang dimanfaatkan Kobo Kanaeru, dan bagaimana minat penonton dalam menonton Kobo Kanaeru. Teori komunikasi pemasaran bertujuan untuk menginformasikan, mengajak dan mengingatkan konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan metode deskiptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan bahkan faktor pendukung komunikasi pemasaran terhadap dikenalnya virtual youtuber di Indonesia adalah pemilihan segmentasi target pasar yang sesuai, konten yang kreatif dan konsisten. Komunikasi pemasaran pada virtual youtuber memiliki arti bagaimana seorang virtual youtuber atau agensi virtual youtuber menginformasikan mengenai produk atau jasa mereka. Pembawaan yang menarik dan pemilihan konten yang sesuai dengan masyarakat Indonesia, juga kekonsistenan dalam mengunggah video dan melakukan live streaming juga perlu diperhatikan. Fitur-fitur youtube yang digunakan oleh Kobo Kanaeru adalah fitur siaran langsung atau live streaming, shorts, subtitle, super chat, super sticker, dan membership youtube. Minat penonton dalam menonton virtual youtuber adalah berkeinginan dan yakin untuk menontonnya. Mereka menantikan video-video baru yang akan dibagikan dan mengirimkan donasi atau membeli merchandise yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran; Virtual youtuber; Hololive; Kobo Kanaeru; Minat Menonton.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Lisha Noorhafisha
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:15
Last Modified: 27 Mar 2024 05:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22154

Actions (login required)

View Item View Item