STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE ANALISIS SWOT PADA PT. ACISA BORNEO ENERGI DI RANTAU KABUPATEN TAPIN

Humaidi, Muhammad (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE ANALISIS SWOT PADA PT. ACISA BORNEO ENERGI DI RANTAU KABUPATEN TAPIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak M.Humaidi.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Pengesahan M.Humaidi.pdf

Download (696kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian M.Humaidi.pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses strategi pengembangan SDM yang dilaksanakan oleh PT. Acisa Borneo Energi Di Rantau Kabupaten Tapin dalam meningkatkan kinerja karyawan dan bagaimanakah hasil analisis SWOT serta strategi pengembangan yang sebaiknya digunakan pada perusahaan.Rancangan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dan alat analisis yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini yaitu Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE dan Matriks SWOTHasil analisis menunjukkan bahwa proses yang dilaksanakan oleh perusahaan yaitu 1) memberikan bonus,insentif dan kompensasi kepada karyawan, 2) Meningkatkan sikap kepemimpinan dan 3) Menciptakan moral yang baik. Setelah mengetahui kondisi internal dan eksternal perusahaan, maka dapat diperoleh hasil Matriks IFE dan EFE melalui kuesioner. Matriks IFE menghasilkan total skor 3,63 dan Matriks EFE menghasilkan total skor 3,87. Mengacu pada Matriks IFE dan EFE, maka disusunlah Matriks IE untuk menentukan posisi perusahaan, maka posisi perusahaan pada saat ini berada di Kuadran I (growth oriented strategy) dan berlandaskan analisis Matriks SWOT dan Matriks IE, maka dihasilkan beberapa alternative strategy yaitu memberikan motivasi berupa penghargaan kepada karyawan, memberikan jenjang karir yang tepat, mengadakan pelatihan soft-skill karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Kinerja Karyawan, Analisis SWOT.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muhammad Humaidi
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:02
Last Modified: 03 Apr 2024 03:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item