PENYEDIAAN AKSES PELAYANAN MASYARAKAT OLEH PEMERINTAH KECAMATAN BUMI MAKMUR KABUPATEN TANAH LAUT (Studi Kasus Desa Sungai Rasau Kec. Bumi Makmur)

AZIZAH, AZIZAH (2024) PENYEDIAAN AKSES PELAYANAN MASYARAKAT OLEH PEMERINTAH KECAMATAN BUMI MAKMUR KABUPATEN TANAH LAUT (Studi Kasus Desa Sungai Rasau Kec. Bumi Makmur). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK AZIZAH.pdf

Download (101kB)
[img] Text
PENGESAHAN AZIZAH.pdf

Download (251kB)
[img] Text
PERNYATAAN AZIZAH.pdf

Download (229kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis dukungan kebijakan dan program yang dibutuhkan di Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut, guna meningkatkan efektivitas dalam penyediaan layanan kepada masyarakat, terutama di Desa Sungai Rasau. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, studi kasus, dan tindakan. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara dengan informan kunci dan pendukung, serta observasi terhadap lima informan. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan teknik yang diadaptasi dari Miles & Huberman (Gunawan, 2014:210-212), yang terdiri dari reduksi, paparan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi hasil. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kecamatan Bumi Makmur memainkan peran penting dalam menyediakan akses pelayanan di Desa Sungai Rasau, seperti memberikan dukungan kebijakan terkait pengumpulan berkas penduduk secara kolektif dan pemekaran batas wilayah Rukun Tetangga (RT) yang telah diajukan oleh Pemerintah Desa Sungai Rasau dan disetujui oleh masyarakat. Kebijakan tersebut dianggap efektif karena memenuhi enam dimensi strategis, yaitu dimensi kebijakan, struktur organisasi, manajemen, etika, lingkungan, dan akuntabilitas kinerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akses Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Azizah
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:56
Last Modified: 28 Mar 2024 03:56
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22158

Actions (login required)

View Item View Item