KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATAN MINAT BACA DI KANTOR DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN TANAH BUMBU

Dewi, Annisa Putri (2024) KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATAN MINAT BACA DI KANTOR DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN TANAH BUMBU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak PDF.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Abstrak PDF.pdf

Download (140kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan perpustakaan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu serta untuk mengidentifikasi upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menurut Zethaml dkk dengan metode wawancara sebagai sumber data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perpustakaan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu berjalan cukup baik oleh pengguna. Namun ada beberapa aspek yang menjadi perhatian adalah keterbatasan fasilitas, koleksi buku yang terbatas, kurangnya aksesibilitas ke sumber informasi, serta kenyamanan dan kelengkapan fasilitas fisik perpustakaan. Selain itu, respon yang lambat dalam menanggapi pertanyaan dan permintaan dari pengguna juga menjadi perhatian. Penelitian ini merekomendasikan beberapa upaya perbaikan yang dapat dilakukan oleh Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu. Diantaranya adalah meningkatkan koleksi buku dan materi bacaan lainnya dengan fokus pada kebutuhan dan minat baca masyarakat setempat. Penambahan fasilitas teknologi informasi, seperti akses internet dan layanan daring, juga diusulkan untuk meningkatkan aksesibilitas informasi. Selain itu, peningkatan pelatihan staf perpustakaan dalam memberikan pelayanan yang lebih responsif dan ramah diharapkan dapat peningkatkan pengalaman pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Perpustakaan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Depositing User: Annisa Putri Dewi
Date Deposited: 30 Mar 2024 03:45
Last Modified: 30 Mar 2024 03:45
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22263

Actions (login required)

View Item View Item