STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHASILKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MULTI KASUS: SDN KUIN SELATAN 4 DAN SDN BELITUNG UTARA 3 BANJARMASIN)

Nisa, Khairun (2024) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHASILKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MULTI KASUS: SDN KUIN SELATAN 4 DAN SDN BELITUNG UTARA 3 BANJARMASIN). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
lembar 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
original.pdf

Download (139kB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu masalah urgen dan dipandang perlu untuk mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius dari berbagai pihak yang terkait. Hal ini berhubungan erat dengan kepemimpinan dan manajemen sekolah. Selain itu, di dalam meningkatkan mutu pendidikan harus memperhatikan seluruh aspek di suatu sekolah, baik input, proses, maupun uotputnya Mutu pendidikan dipandang perlu untuk mengadakan pembenahan dan perubahan di berbagai sector, di antaranya kepemimpinan dan manajemen.keberhasilan suatu sekolah hanya akan mampu dijalankan manajemen yang efektif, manajemen yang efektif hanya dapat dapat dijalankan oleh kepemimpinan yang profesional. Hal-hal yang perlu dilakukan oleh pemimpin sebagai manajer yaitu: merencanakan dan mengevaluasi, mengorganisasikan, pengarahan dan pengawasan, dan monitoring evaluasi yang berkesinambungan untuk aksi selanjutnya. Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah yang diterapkan di SDN Kuin Selatan 4 dan SDN Belitung Utara 3 Banjarmasin. Dengan rumusan masalah penelitiannya: Bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Bagaimanakah peranan kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Apa faktor-faktor yang mendukung dan kendala dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenalogic naturalistic. Data penelitian diperoleh dengan teknik pengamatan terlibat, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini, kepala sekolah dan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Khairun Nisa
Date Deposited: 02 Apr 2024 05:09
Last Modified: 02 Apr 2024 05:09
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22289

Actions (login required)

View Item View Item