IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA AL QUR’AN DI SDN SEKATA BARU 2 KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA

HASMIATI, HASMIATI (2024) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA AL QUR’AN DI SDN SEKATA BARU 2 KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Hasmiati.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Pengesahan Hasmiati.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Pernyataan Hasmiati.pdf

Download (185kB)

Abstract

Studi ini mendokumentasikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Sekata Baru 2, Kabupaten Barito Kuala, dengan fokus pada upaya untuk meningkatkan minat baca Alquran. Pendekatan studi kasus kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif, termasuk berbagai pemangku kepentingan termasuk Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Wali Kelas, dan Siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang bagaimana GLS diimplementasikan. Proses pelaksanaan GLS meliputi perencanaan, penyiapan sumber daya literasi, koordinasi dengan wali murid, pelaksanaan kegiatan membaca Al-Qur'an, dan evaluasi kemajuan secara berkala. Peningkatan minat membaca Al-Qur'an terlihat jelas melalui kegiatan-kegiatan termasuk meningkatkan kualitas fasilitas, melakukan tes hafalan bulanan, dan memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki hafalan yang baik. Hasil penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa dengan upaya yang terfokus dan strategi yang sistematis, GLS dapat secara efektif meningkatkan minat membaca Al-Qur'an di lingkungan pendidikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa GLS memiliki peran penting dalam meningkatkan minat siswa untuk membaca Al-Qur'an tidak hanya melalui penyediaan sumber daya fisik, tetapi juga melalui metode penilaian dan motivasi siswa. Studi ini menyoroti bagaimana GLS berdampak positif pada anak-anak dengan mendorong literasi dan meningkatkan hubungan mereka dengan membaca Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Gerakan Litersi Sekolah, Minat, Membaca
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 03 Apr 2024 05:09
Last Modified: 03 Apr 2024 05:09
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22342

Actions (login required)

View Item View Item