HUBUNGAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (K3) DENGAN PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PEGAWAI DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN

Septyan, Noufal Evan (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (K3) DENGAN PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PEGAWAI DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (210kB)

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan sebuah pedoman yang digunakan untuk melakukan aktivitas pekerjaan operasional organisasi maupun perusahaan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Penelitian ini dilaksanakan pada dari tanggal 26 April hingga 28 Juni untuk mengetahui dan menganalisis hubungan Pengetahuan Sikap dan Tindakan Kesehatan Keselamatan Kerja dengan Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Gambaran Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin. Metode yang digunakan Cross Sectional dengan Total Sampling dengan jumlah 35 orang yang memiliki jadwal di Pos Pelayanan Trisakti. Hasil yang didapatkan terdapat hubungan bermakna antara Pengetahuan Sikap dan Tindakan Kesehatan Keselamatan Kerja dengan Penerapan Standar Operasional Prosedur di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin dengan p-value < 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disarankan untuk membuat SOP pada kegiatan pemeriksaan kapal dan mengadakan seminar untuk meninggkatkan kesadaran pegawai terhadap penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) yang dapat menekan resiko cedera akibat kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Keselamatan Kerja, APD, Pengetahuan, Sikap, Tindakan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RK Dentistry
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Noufal Evan Septyan
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:34
Last Modified: 21 Dec 2022 02:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13778

Actions (login required)

View Item View Item