PENGGUNAAN BERBAGAI KONSENTRASI BAWANG PUTIH (Alium sativum L) PADA PEMBUATAN TELUR ASIN TERHADAP KUALITAS UJI FISIK DAN ORGANOLEPTIK

Hafizah, Nur Halisa (2022) PENGGUNAAN BERBAGAI KONSENTRASI BAWANG PUTIH (Alium sativum L) PADA PEMBUATAN TELUR ASIN TERHADAP KUALITAS UJI FISIK DAN ORGANOLEPTIK. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin.

[img] Text
Abstrak Lisa.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Lisa Plagiasi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Lisa Pengesahan.pdf

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bawang putih yang berbeda pada pembuatan telur asin terhadap kualitas fisik dan organoleptik telur asin. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Tiap ulangan terdiri atas 5 butir telur. Metode Penelitian ini adalah metode experimental untuk pembuatan telur asin, kadar air telur asin dan kemasiran telur asin. Telur itik yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 butir. Fromulasi pencampuran dan perendaman yaitu P0 (Penggunaan 0 g ekstrak bawang putih dalam campuran 400 ml air dan 100 g garam), P1 = Penggunaan 8 g ekstrak bawang putih dalam campuran 400 ml air dan 100 g garam (2% ekstrak bawang putih), P2 = Penggunaan 12 g ekstrak bawang putih dalam campuran 400 ml air dan 100 g garam (3% ekstrak bawang putih), P3 = Penggunaan 16 g ekstrak bawang putih dalam campuran 400 ml air dan 100 g garam (4% ekstrak bawang putih). Penggunaan bawang putih pada pembuatan telur asin sebanyak 0%, 2%, 3% dan 4% berpengaruh terhadap kualiats aroma amis dan rasa asin, tetapi tidak berpengaruh terhadap susut bobot, tekstur dan kemasiran telur asin. Kualitas telur asin terbaik yaitu dengan penambahan bawang putih sebanyak 4% pada pembuatan telur asin karena memiliki aroma yang kurang amis dan rasa yang tidak terlalu asin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bawang Putih, Telur Asin, Kualitas Fisik dan Organoleptik Telur.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Syahrian Nur
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:46
Last Modified: 30 Dec 2022 03:46
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item View Item