APLIKASI PENDAFTARAN ANGGOTA, MONITORING SALDO SIMPANAN DAN PENGAJUAN PADA KOPERASI KONSUMEN SYARI’AH ARRAHMAH MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN NODE JS

Yahya, Fath Elchaydir (2023) APLIKASI PENDAFTARAN ANGGOTA, MONITORING SALDO SIMPANAN DAN PENGAJUAN PADA KOPERASI KONSUMEN SYARI’AH ARRAHMAH MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN NODE JS. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (508kB)
[img] Text
lembar pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (118kB)
[img] Text
ARTIKEL_18630973_FATH ELCHAYDIR YAHYA_removed.pdf

Download (470kB)

Abstract

Koperasi Konsumen Syari’ah Arrahmah adalah koperasi yang bergerak pada bidang simpanan, permodalan, dan investasi berdasarkan penerapan sistem bagi hasil dan berkomitmen untuk menerapkan pola syari’ah yang bebas riba di setiap transaksinya. Koperasi Konsumen Syari’ah Arrahmah sebagai koperasi yang berkomitmen menyejahterakan anggotanya, Koperasi Konsumen Syari’ah Arrahmah mengalami kendala pada pendaftaran anggota yang masih dilakukan secara offline. Hal ini juga terjadi pada proses pengajuan yang ingin dilakukan anggota. Kemudia koperasi belum dapat memberikan akses bagi anggota untuk dapat mengamati saldo simpanan mereka baik simpanan pokok & wajib, wajib(khusus), sukarela, maupun qard. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan, SDLC(System, Development Life Cycle) dengan model spiral dan menggunakan UML(Unified Modeling Language) untuk menggambarkan prosedur yang berjalan. Hasil dari penelitan ini adalah dibutuhkannya aplikasi berbasis web dan desktop yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi Koperasi Konsumen Syari’ah Arrahmah dalam mengelola pendaftaran anggota, pengajuan, dan monitoring saldo simpanan agar lebih efisien dan efektif dalam menyejahterakan anggota dan dapat lebih maju untuk bersaing dalam industri 4.0. Kemudian dibutuhkannya sistem informasi berbasis desktop yang terintegrasi dengan sistem web. Dengan adanya aplikasi pendaftaran anggota, monitoring saldo simpanan, dan pengajuan diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi calon anggota untuk mendaftarkan diri menjadi Anggota di Koperasi Konsumen Syari’ah Arrahmah dan secara online, kemudian mempermudah anggota lama untuk dapat mengetahui atau memonitoring simpanan merekadan melakukan pengajuan secara online, dan terakhir dapat mempermudah karyawan koperasi dalam mengelola data pendaftaran, keanggotaan, simpanan, dan pengajuan anggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Koperasi, Pengajuan, Simpanan, anggota koperasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Fath Elchaydir Yahya
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:30
Last Modified: 05 Jan 2023 01:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14130

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item