RANCANG BANGUN LEMARI STERILISASI BERTEKANAN NEGATIF DENGAN PERANGKAT FILTERISASI PORTABLE SEBAGAI PROTEKSI DARI INFEKSI BAKTERI DAN VIRUS

Paruk, Ahmad (2023) RANCANG BANGUN LEMARI STERILISASI BERTEKANAN NEGATIF DENGAN PERANGKAT FILTERISASI PORTABLE SEBAGAI PROTEKSI DARI INFEKSI BAKTERI DAN VIRUS. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
CamScanner 01-05-2023 10.55.pdf

Download (297kB)
[img] Text
CamScanner 01-05-2023 10.54.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Jurnal_Ahmad Paruk_.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype lemari sterilisasi bertekanan negatif dengan perangkat filterisasi portable yang mampu memproteksi dari infeksi bakteri dan virus. Metode yang digunakan adalah metode Design Thinking. Komponen yang digunakan adalah lemari kayu ukuran 75cmx50cmx40cm, Exhaust Fan 64 CFM, HEPA Filter Merv 12, Lampu UV-C 8 watt, magnahelic, time delay, rangkaian safety system, dan bahan lainnya. Cara kerja lemari sterilisasi ini adalah: (1) saat pintu dibuka, seluruh sistem akan mati guna menghindarkan petugas dari bahaya dan proses ini ditandai dengan menyalanya lampu indikator hijau. (2) saat pintu ditutup, seluruh sistem akan bekerja sampai durasi 30 detik time delay akan mematikan seluruh sistem guna menghindari terlalu lama APD terpapar sinar UV dan proses ini ditandai dengan menyalanya lampu indikator merah. Hasil uji tekanan lemari sterilisasi saat pintu dibuka didapatkan nilai tekanan sebesar 0 Pa, saat pintu ditutup dan sistem tidak bekerja didapatkan nilai tekanan sebesar -1 Pa, saat pintu ditutup dan sistem bekerja didapatkan nilai tekanan sebesar -6 Pa. Hasil uji tekanan tersebut sudah sesuai dengan aturan Kemenkes RI. Dengan demikian, prototype lemari sterilisasi bertekanan negatif dengan perangkat filterisasi portable yang telah dibuat dikatakan mampu memproteksi APD yang digunakan oleh tenaga kesehatan dari infeksi bakteri dan virus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lemari Sterilisasi, Tekanan Negatif, Exhaust Fan, HEPA Filter, Lampu UV-C.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Depositing User: Ahmad Paruk
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:58
Last Modified: 05 Jan 2023 02:58
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item View Item