UJI EFEKTIVITAS AIR PERASAN AIR MURNI BUAH BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi linn) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK Aedes aegypti DI LABORATORIUM BALAI LITBANGKES TANAH BUMBU TAHUN 2022

Kresna, Bayu (2023) UJI EFEKTIVITAS AIR PERASAN AIR MURNI BUAH BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi linn) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK Aedes aegypti DI LABORATORIUM BALAI LITBANGKES TANAH BUMBU TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File PDF Abstrak.pdf

Download (82kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (977kB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes sp.Upaya yang dapat dilakukan untuk pemberantasan DBD adalah dengan pengendalian vektornya. Salah satu metode pengendalian vektor adalah dengan insektisida alami adalah Buah belimbing wuluh (Averrhoa Bilimbi Linn) yang mengandung senyawa Saponin, Alkaloid, dan Tanin. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan menganalisis potensi air perasan murni buah belimbing wuluh (Averrhoa Bilimbi Linn) terhadap mortalitas larva Aedes aegypti di Laboratorium Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu.Rancangan penelitian ini yaitu menggunakan rancangan Posttest Only Control Group Design Kelompok perlakuan air perasan murni buah belimbing wuluh menunjukkan kematian 100% paling cepat pada konsentrasi 6%/100ml dan 8%/100ml pada 1 jam pengukuran. Pada kelompok kontrol positif dengan abate 0,01gr/ml mengalami kematian 100% setelah 8 jam pengukuran.Hasil uji Kruskal Wallis menunjukan pada pengukuran di jam 1 jam sampai 8 jam terdapat perbedaan secara signifikan (0,05) rerata kematian larva antar kelompok perlakuan Air perasan murni buah belimbing wuluh kelompok control menggunakan temephos. perlu dilakukan peneltian terhadap air perasan murni buah belimbing wuluh dengan tingkat konsenterasi yang berbeda dari 2%, 4%, 6%, 8% untuk mengetahui efektifitas dari air perasan murni buah belimbing wuluh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Belimbing wuluh, Air Perasan Murni, Aedes aegypti, Konsentrasi
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Bayu Kresna
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:42
Last Modified: 21 Feb 2023 01:42
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item