HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERAN TENAGA KESEHATAN DENGAN PEMANFAATAN JAMBAN SEHAT DI DESA SAMHURANG KECAMATAN LABUAN AMAS UTARA TAHUN 2022

Rahmat, Noor (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERAN TENAGA KESEHATAN DENGAN PEMANFAATAN JAMBAN SEHAT DI DESA SAMHURANG KECAMATAN LABUAN AMAS UTARA TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
FIle Abstrak .pdf

Download (88kB)
[img] Text
lembar keaslian.pdf

Download (260kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (211kB)

Abstract

Berdasarkan data yang diberikan Petugas Kesehatan Lingkungan di desa Samhurang didapatkan hasil yang menggunakan Jamban didapatkan hasil sebanyak 25KK (4,9%) yang menggunakan akses aman, 55KK (11%) menggunakan akses layak, 265KK (52%) menggunakan Sharing dan 163KK (32%) masih belum memiliki jamban yang memenuhi syarat sehat padahal mereka masih menggunakan air sungai untuk mandi, mencuci pakaian maupun peralatan dapur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Peran tenaga kesehatan dengan pemanfaatan jamban sehat di desa Samhurang Kecamatan Labuan Amas Utara Tahun 2022.Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif yang bersifat analitis dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua masyarakat Desa Samhurang Kecamatan Labuan Amas Utara yang Memanfaatkan dan tidak memanfaatkan Jamban Sehat dengan jumlah Kartu Keluarga (KK) Sebanyak 508 KK. Sampel sebanyak 84 responden yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Uji Statistik menggunakan uji chi square, Hasil dari penelitian ini yaitu Ada hubungan pengetahuan dengan Pemanfaatan Jamban Sehat (p value = 0,000), Ada hubungan Sikap dengan Pemanfaatan Jamban Sehat (p value= 0,000), Ada hubungan Peran Tenaga Kesehatan dengan Pemanfaatan Jamban Sehat (p value = 0,000). Saran dari penelitian ini yaitu untuk memperbaiki program kesehatan lingkungan di bidang pemanfaatan jamban sehat serta dalam upaya untuk menentukan program kesehatan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Peran Tenaga Kesehatan, Pemanfaatan Jamban Sehat
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Rahmat Noor
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:15
Last Modified: 24 Feb 2023 02:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15505

Actions (login required)

View Item View Item