HUBUNGAN PENGETAHUN, SIKAP DAN KETERSEDIAAN APD TENAGA KESEHATAN DALAM KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA ERA PENDEMI COVID-19 DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN

Maghriby, M. Lananda Nabil Haidi (2023) HUBUNGAN PENGETAHUN, SIKAP DAN KETERSEDIAAN APD TENAGA KESEHATAN DALAM KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA ERA PENDEMI COVID-19 DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
file abstrak pdf.pdf

Download (245kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Ketersediaan APD Tenaga Kesehatan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Era Pandemi Covid-19 di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin. Metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini termasuk dalam penelitian analitik karena menganalisis dinamika kolerasi antara variabel bebas dan terikat. Model pendekataan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekataan secara cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji chi square dengan tingkat kepercayaan α=0,05. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden tidak patuh dalam menggunakan APD yaitu 25 responden (56,8%). Ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan penggunaan APD dengan nilai ρ–value = 0,043 (ρ < α = 0,05). Ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan penggunaan APD dengan nilai ρ–value = 0,023 (ρ < α = 0,05). Ada hubungan antara ketersediaan APD dengan kepatuhan penggunaan APD menunjukan hasil ρ-value = 0,000 (ρ < α = 0,05). Alat pelindung diri harus diuji lebih dahulu mutunya. Mutu alat pelindung diri akan menentukan tingkat keparahan dan suatu kecelakaan dan penyakit akibat kerja yang mungkin terjadi. Semakin rendah mutu alat pelindung diri, maka akan semakin tinggi tingkat keparahan atas kecelakaan atau penyakit akibat kerja yang terjadi. Diharapkan meningkatkan manajemen tentang K3 di kantor dan diharapkan tenaga kesehatan lebih memperhatikan dan mentaati peraturan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada saat bekerja..

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Penggunaan APD;Pengetahuan;Sikap;Ketersediaan APD
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: M. Lananda Nabil Haidi Maghriby
Date Deposited: 15 Mar 2023 05:30
Last Modified: 15 Mar 2023 05:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15822

Actions (login required)

View Item View Item