PENGARUH ETIKA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA LOKET PEMBAYARAN CV. AFIF TRAVEL)

Putri, Novita Malinda (2023) PENGARUH ETIKA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA LOKET PEMBAYARAN CV. AFIF TRAVEL). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI_NOVITA.pdf

Download (332kB)

Abstract

Loket pembayaran CV. Afif Travel bergerak di bidang jasa pelayanan, melayani pembayaran tagihan listrik, PDAM, telkom, dan pembelian tiket pesawat. Banyaknya pelanggan yang bertransaksi pada loket tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti faktor apakah yang membuat pelanggan merasa puas dan bersikap loyalitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana bentuk pelayanan yang diberikan oleh loket pembayaran CV. Afif Travel dan bagaimana pengaruh etika dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam perspektif etika bisnis Islam pada loket pembayaran CV. Afif Travel. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pelayanan yang diberikan oleh loket pembayaran CV. Afif Travel dan bagaimana pengaruh etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan yang diterapkan loket pembayaran CV. Afif Travel terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu para pelanggan loket pembayaran CV. Afif Travel yaitu dengan rata-rata 3.428 pelanggan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 102 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Namun secara parsial hanya variabel etika bisnis Islam yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Novita Malinda Putri
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:28
Last Modified: 26 Jan 2023 02:28
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14741

Actions (login required)

View Item View Item