STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TANAH BUMBU

Aditya, Bayu Anggara (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TANAH BUMBU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel_Bayu Anggara Aditya.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Artikel_Bayu Anggara Aditya.pdf

Download (76kB)
[img] Text
CamScanner 07-03-2024 12.44.pdf

Download (199kB)
[img] Text
CamScanner 07-03-2024 12.25.pdf

Download (204kB)

Abstract

kantor pertanahan ini tak jarang mengalami berbagai macam permasalahan terutama dengan pelanggan. Banyak pelanggan yang mengadukan permasalahan mengenai lamanya proses pembuatan sertifikat tanah, keterlambatan petugas ukur yang datang untuk melakukan pengecekan tanah dan lain sebagaiannya. Kantor pertanahan sebagai instansi pemerintah yang memonopoli dalam mengejar target oprasionalnya tak luput dari gangguan-gangguan komunikasi, untuk mengatasinya, maka di perlukan strategi komunikasi yang sudah di tetapkan oleh manajemen strategis, guna mempertahankan citra dan eksistensi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi komunikasi dalam menangani keluhan pelanggan, mengetahui kendala dalam menangani keluhan pelanggan, dan upaya yang di lakukan dalam menangani keluhan pelanggan. Teori komunikasi, teori strategi komunikasi, dan teori keluhan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjadi informan ialah tiga pihak pelayanan dua pelanggan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang di temukan menunjukan bahwa kantor pertanahan kabupaten tanah bumbu melakukan strategi komunikasi dalam menangani keluhan pelanggan dengan cara mengidentivikasi masalah, melakukan pengecekan, dan memberikan informasi terkait apa yang di keluhkan serta memberikan arahan. Kantor pertanahan juga mengalami hambatan dalam menangani keluhan pelanggan yaitu hambatan psikologis, hambatan mekanis, dan hambatan semantik. Upaya yang di gunakan kantor pertanahan yaitu dengan palnning seperti menerima keluhan, melakukan pengecekan, dan memberi arahan. Dan manajemen seperti menginformasikan melalui media sosial, dan penyuluhan secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pelayanan, Keluhan Pelanggan
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Bayu Anggara Aditya
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:19
Last Modified: 08 Mar 2024 02:19
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21405

Actions (login required)

View Item View Item