POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK USIA DINI YANG MEMILIKI GANGGUAN TUMBUH KEMBANG (Studi Kualitatif Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Yang Memiliki Gangguan Autisme di Banjarmasin)

Norrahmi, Dety (2024) POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK USIA DINI YANG MEMILIKI GANGGUAN TUMBUH KEMBANG (Studi Kualitatif Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Yang Memiliki Gangguan Autisme di Banjarmasin). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Tervalidasi - DETY NORRAHMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan tesis.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian tesis.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Draft Artikel_Dety Norrahmi.pdf

Download (134kB)
[img] Text
CamScanner 06-04-2024 10.19.pdf

Download (235kB)

Abstract

Dety Norrahmi, 2009010029. Pola Komunikasi Keluarga dalam Mendidik Anak Usia Dini yang Memiliki Gangguan Tumbuh Kembang (Studi Kualitatif Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak yang Memiliki Gangguan Autisme Di Banjarmasin). Tesis, Magister Ilmu Komunikasi, Program Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Pembimbing: (I) Dr. Muzahid Akbar Hayat, M. Si. (II) Dr. Khuzaini, M. M. Permasalahan komunikasi menjadi salah satu tantangan dalam menghadapi anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang seperti autis. Keterbatasan anak autis dalam menyampaikan perasaan membuat orang lain sulit memahami keinginan mereka. Dalam hal ini, maka peran orang tua sangat dibutuhkan dalam untuk merancang pola komunikasi dan pendidikan bagi tumbuh kembang anak – anak penderita autis. Berdasarkan hal terseut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana peran dan pola komunikasi orang tua dalam mendidik anak yang memiliki gangguan tumbuh kembang (autis). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif mengambil studi kasus di Kota Banjarmasin. Proses pengambilan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi terhadap sepuluh informan yang merupakan orang tua dari para siswa autis di TK Inklusi Bina Sejahtera Banjarmasin. Hasil penelitian menujukkan bahwa orang tua berperan sebagai pendidik komunikasi dan tenaga terapis bagi anak – anak selama di rumah. Berbagai hambatan yang dihadapi oleh orang tua, disiasati dengan mengubah pola komunikasi. Adapun pola komunikasi yang digunakan oleh para orang tua adalah bentuk komunikasi interpersonal satu arah dengan berbagai macam metode seperti bahasa tubuh, metode pengulangan, menggunakan bantuan visual, dan metode terapan yang nantinya akan dicontoh oleh anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Autisme, Orang Tua, Pola Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Depositing User: Dety Norrahmi
Date Deposited: 06 Apr 2024 02:22
Last Modified: 06 Apr 2024 02:22
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22332

Actions (login required)

View Item View Item