APLIKASI PENJUALAN PONSEL PINTAR BERBASIS WEB DENGAN FITUR PEMBERIAN REKOMENDASI MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Kurniawan, Dedi (2022) APLIKASI PENJUALAN PONSEL PINTAR BERBASIS WEB DENGAN FITUR PEMBERIAN REKOMENDASI MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak_Dedi Kurniawan_19631202.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi_Dedi Kurniawan_19631202.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi_Dedi Kurniawan_19631202.pdf

Download (438kB)

Abstract

Ponsel Pintar merupakan telepon selular dengan mikroprosesor, memori, layar dan modem bawaan. Banyak sekali hal yang dapat dilakukan oleh Ponsel Pintar mulai dari alat penunjang pekerjaan, alat penunjang Belajar Online hingga keperluan hiburan seperti bermain Game Online. Dengan banyak macam pilihan yang ada dalam pasar membuat konsumen menjadi kebingungan dalam memilih produk Ponsel Pintar yang diinginkan, keberagaman merek, tipe, spefisikasi dan harga yang ditawarkan Ponsel Pintar selalu tidak sesuai dengan kebutuhan dan kriteria konsumen. Oleh karena itu dirancanglah sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu konsumen agar dapat memperoleh suatu keputusan terbaik dalam pemilihan Ponsel Pintar yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan konsumen. Proses penilaian spesifikasi dilakukan dengan menggunakan metode Weighted Product dan Rank Order Centroid. Perancangan aplikasi penjualan ponsel pintar yang dibangun berbasis Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Kriteria spesifikasi ponsel pintar yang digunakan dalam aplikasi ini ialah harga, kamera, RAM, penyimpanan internal, kapasitas baterai dan pengisian daya. Untuk Kriteria processor dan jenis layar dihitung menggunakan metode Rank Order Centroid. Dari penelitian yang telah dilakukan, metode Rank Order Centroid dapat mengkonversi data kualitatif menjadi data kuantitatif sehingga dapat dihitung dengan menggunakan metode Weighted Product. Pemberian hasil rekomendasi pada aplikasi penjualan ponsel pintar di toko XYZ ini terbukti dapat membantu pelanggan dalam menentukan rekomendasi ponsel pintar terbaik berdasarkan kriteria dan kebutuhan yang di inginkan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rank Order Centroid, Weighted Product, Web, Ponsel Pintar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Depositing User: Dedi Kurniawan
Date Deposited: 28 Nov 2022 05:21
Last Modified: 28 Nov 2022 05:21
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13351

Actions (login required)

View Item View Item